Menyalakan Ac Mobil Dengan Benar

img0098a

panel ac mobil timor (court. parkirantimor)

Piranti pendingin ruangan (AC) di mobil kini telah menjadi perlengkapan standar. Terlebih di kota besar seperti Jakarta, mobil tanpa dilengkapi AC sungguh menyiksa pengemudi maupun penumpang mobil.

Betapa tidak, bila kaca mobil dibuka udara yang kering menyengat dan beraroma gas buang hasil pembakaran bensin dan solar akan menyelusup ke pori-pori kulit. Belum lagi, suara bising knalpot kendaraan yang meraung bersautan di jalan akan memekakkan gendang telinga.

Suasana sejuk ketika masuk kedalam kabin mobil umumnya adalah dambaan setiap orang yang berada di dalam mobil, apalagi jika kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini. Apabila cuacanya terik, ruang kabin terasa panas. Apalagi jika mobil dijemur dibawah terik matahari saat diparkir. Baik itu di gedung mau pun dilapangan. Begitu masuk kedalam mobil, kita langsung disambut dengan hawa pengap.

Dalam kondisi tersebut, kebanyakan pengguna kendaraan langsung menekan tombol AC. Ada pula yang menyalakan blower dulu atau buka pintu atu kaca jendela sejenak untuk mengusir udara pengap.

Peranti itu juga cukup mudah dan praktis. “Namun , seringkali orang kerap melakukan kesalahan saat mengggunakan AC. Sehingga, selain berpotensi memicu kerusakan komponen peranti itu juga merugikan kesehatan, Lantas apa saja kesalahan itu? Apa makibat yang ditimbulkan oleh perilaku yang salah tersebut? Bagaimana cara yang benar?

1. Menghidupkan AC setelah mobil berjalan

Kesalahan pertama dan paling sering dilakukan orang adalah menghidupkan AC ketika putaran mesin (Rotation Per Minute/RPM) tinggi. Padahal, cara itu salah karena justeru akan merusak AC.

Dari kondisi mobil off ke hidup, tunggu sekitar 5-10 menit, baru nyalakan AC. Ini bukan aturan baku, tetapi sebaiknya begitu. Kaca boleh dibuka sebentar supaya udara segar masuk”. Sayangnya tidak semua orang mau menunggu, inginnya segera meninggalkan lahan parkir. “Alangkah baiknya hidupkan blower lalu AC, jangan langsung tekan tombol AC

Tapi jika dalam kondisi jalan, misal di tol atau kecepatan tinggi di atas 100 km/jam, jangan langsung hidupkan AC meski setelah 5-10 menit.

Mengapa salah? Pasalnya, pada saat mobil telah melaju dan pedal gas diinjak RPM mesin telah tinggi sehingga tingkat kecepatan putaran pulley juga tinggi. Pulley merupakan komponen yang selalu berputar selama mesin aktif.

Pada sisi lain, AC akan mulai bekerja saat kompresor yang berfungsi memberi tekanan tinggi ke freon agar mengalir ke sistem AC mulai bekerja. Sedangkan kompresor mulai bekerja saat pressure plate yaitu lempengan yang bertugas untuk memantik tekanan mulai bekerja.

“Dan pressure plate mulai bekerja saat ditempelkan ke pulley, yaitu saat orang pertama kali menyalakan AC atau memutar tombol AC

Sehingga, bila AC baru dihidupkan saat mobil telah melaju atau di saat putaran mesin tinggi sehingga putaran pulley juga tinggi, maka akan terjadi gesekan yang hebat antara pressure plate dengan pulley. Bila hal itu terjadi berulang kali, dan dalam waktu lama maka kedua komponen itu (pressure plate dan pulley) akan cepat aus

Bila keduanya aus, maka putaran mesin untuk memberikan tenaga bagi compressor untuk menekan Freon yang diubah menjadi udara dingin menjadi tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin . Bahkan, bila hal it uterus berlangsung maka akan berpengaruh pada komponen lain dan rusak.

Akibat lainnya, saat AC dihidupkan akan terdengar suara berisik karena gesekan antara pulley dan pressure plate kadang cepat dan kadang lambat. Sebab, permukaan pressure plate juga bergelombang atau tidak rata akibat gesekan keras yang terjadi berulangkali saat pertama AC dihidupkan.

2. Tidak membuang udara di mobil

Kesalahan kedua yang juga cukup sering dilakukan orang adalah langsung meghidupkan AC mobil setelah mobil berjalan tanpa membuka kaca jendela. Padahal, membuka kaca jendela sangat disarankan untuk membuang udara di kabin setelah mobil di parkir (terutama yang parkir di ruang terbuka dan terkena sinar matahari).

“Bila kabin terasa panas, maka kerja AC untuk mendinginkan ruang kabin juga lama. Artinya, tenaga yang dibutuhkan juga esktra. Tentu, ini akan membuat konsumsi bahan bakar boros.

Pada sisi lain, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu diantaranya benzena. Bagi sebagian orang mungkin tidak menjadi persoalan kala menghirup zat tersebut, tetapi bagia sebagian lainnya akan berpengaruh besar.

Bila hal itu terjadi pada Anda akan mengundang bahaya. Mengantuk, lemas, atau tidak konsentrasi merupakan beberapa diantara penyebab kecelakaan.

Namun yang pasti, sebaiknya membuka semua kaca jendela mobil sesaat setelah mesin dinyalakan. Setelah itu hidupkan AC secara perlahan-lahan untuk membuang udara di kabin, paling cepat lima menit.

Bila Anda tak ingin repot dengan cara seperti itu, sebaiknya membuka sedikit kaca mobil saat mobil di parkir dan carilah tempat parkir di tempat yang teduh.

3. Langsung Menggeser Level Pendingin pada posisi level tertinggi

Ada juga kebiasaan, begitu masuk kabin langsung menggeser tombol penyejuk ruangan pada posisi level paling tinggi, supaya ruangan cepat dingin. Level 1, 2 atau 3 tidak masalah. Level itu hanya speed blower, bukan menambah power kompresor.

4. Posisi AC selalu kondisi ON

Di samping itu juga, jangan sampai saat pulang malam hari, ketika kunci kontak dicabut AC lupa dimatikan. Begitu pagi saat hidupkan mesin AC langsung hidup. Ini kurang baik untuk perawatan.

5. Pemakaian Kaca Film

Agar AC tambah awet, pemakaian kaca film juga harus diperhatikan, kegelapannya sekitar 60%, kalau 80% terlalu gelap. “Jangan 40% sebab terlalu transparan atau terang, sehingga cahaya masuk lebih banyak dan untuk mendinginkan kabin lumayan lama

 

Itulah tips menggunakan peranti pendingin ruangan di mobil secara baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Bookmark the permalink.

5 Responses to Menyalakan Ac Mobil Dengan Benar

  1. makbluduz says:

    nice info gan,
    untungnya selama pakai mobil saya selalu mentaaati sopan santun menghidupkan ac seperti diatas jadi ac tidak cepat rusak dan kotor.
    Ini juga memberikan penghematan bbm secara tidak langsung meskipun tidak signifikan.

  2. dadang says:

    Gan ane mau nanya misi ya gan
    1. gan timor ane kalo di kopling mesin e ngorok gan,krok krok
    Waktu mesin dingin waktu mau ane panasin itu sura juga muncul gan lebih kenceng malahan Knp ya gan?
    2.Lampu2 di acc seperti gambar diatas mati total gan dan ac wassalam,dulu ac mau nyala tp G̲̮̲̅͡ªK̶̲̥̅̊ dingin gan ada bekas olinya akhir e ane cuekin ini sekarang mati total gan kira2 apanya ya? Makasih gan sebelumnya

    • mobiltim says:

      1. check gearbox dan release bearing
      2. ac nya di check
      3. lampu acc mati, chech sekring dan jalur ke aki nya

  3. nitra says:

    Om aq bingung sama sistem ac timor saya, kok sya tekan tombol tulisan ac tidak hidup, tetapo ketika saya pindahkan tuas blower ke level 2 idupp acnya tanpa d teken tombol acnya, apakan tidak sistem kerja ac saya bermasalan, atau sistemnya d permudah oleh tekniksinya

    • mobiltim says:

      resistor blower AC nya bermasalah, membuka dashboard bawah sebelah kiri, biasanya kotor atau ada yang short .. coba di bersihkan dan di solder ulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>