Artikel



Memilih Radiator Coolant

Engine_coolant

Disinyalir, pakai cairan radiator coolant bisa bikin mesin lebih adem. Akan tetapi, beberapa kejadian malah sebaliknya, mesin malah overheat setelah ganti radiator coolant. Kita mesti hati-hati, karena karat dan kotoran di blok mesin bisa terangkat dan menyumbat radiator.

Sebenarnya tidak haram kalau mau pakai radiator coolant. Mobil baru bisa tahan sampai lima tahun dengan cairan pendingin bawaan pabrik. Apakah mobil tua juga diperbolehkan pakai radiator coolant? Boleh saja yang penting kondisi saluran pendingin pada mobil tersebut harus bersih.

Apapun jenisnya, cairan coolant punya kecenderungan mengangkat kotoran dan karat dari tempat penumpukannya. Kalau mobil lama yang sebelumnya pakai air biasa, setelah pakai coolant biasanya saluran pendingin justru tersumbat. Ya karena kotorannya menyumbat pipa kapiler pada radiator atau water jacket (mantel pendingin). Pipa kapiler mampat, air tidak lancar mengalir, mesin pun bisa overheat.

Nah, kalau Anda saat ini masih pakai air biasa dan ingin ganti pakai coolant, pastikan sistem pendingin mobil dalam kondisi ideal. Indikatornya, adalah cairan pendingin. Paling gampang, tengok isi radiator dan tabung reservoirnya. Kalau cairannya bening, masih aman buat dituang coolant.
Tetapi kalau sudah ada kecenderungan warna cokelat, sebaiknya dilakukan treatment dulu. Seperti servis radiator untuk menghilangkan penumpukan kerak di pipa kapiler dan cover atas bawahnya.
Kalaupun yakin radiator masih bagus (jajaran pipa tampak bersih saat diintip dari tutup radiator), sebaiknya sistem pendingin dikuras total. Sekadar mengingatkan, pengurasan dilakukan dengan mencopot slang radiator bagian atas.

Jika sedang servis radiator, selang bawah dikucurkan air langsung keran. Terpenting, copot dulu thermostatnya. Hal ini mencegah adanya penumpukan kotoran di thermostat. Selain itu supaya saluran airnya tidak terhalang karena thermostat sifatnya menutup jika suhunya dingin.

Trik ini dianggap ampuh membilas kotoran di dalam mesin. Pembilasan dianggap bersih jika air yang keluar dari slang atas benar-benar bening seperti air yang dimasukkan dari slang bawah. Itu pertanda jika kotoran benar-benar terbilas habis.

Setelah perlakuan ini, radiator baru bersih dan siap dituang coolant. Oh ya, mengenai jenis coolant yang kian beragam, mengajak kita untuk lebih bijak memilih. Kalau bisa cari yang punya PH netral. Tetapi sulit buat mengecek, karena harus bawa-bawa PH meter. Mungkin bisa dilihat dari harga. Yang bagus memang agak mahal karena proses penyulingan air yang dipakai harus bagus.

sumber : kaskus

Sensor-sensor pada Mobil Timor DOHC

Pada mobil khususnya yang menggunakan DOHC dimana dengan sistem tersebut banyak sekali sensor-sensor sebagai tempat inputan data ke Otak Mesin (ECU – Electrical Control Unit). Berikut nama-nama sensor tersebut :

 

  1. Throtle Position Sensor ( TPS ), adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui posisi pedal gas dalam keadaan tertekan atau bebas. Jika ditekan/digas maka valuenya besar dan jika tidak ditekan valuenya kecil.

2015303161333

  1. Manipold Absolute Pressure ( MAP ), sensor yang digunakan untuk mengetahui kondisi kevacuuman intake manipold. Sensor ini akan mengeluarkan pulsa tegangan besar jika kevacuuman intake manipold berkurang ( pedal gas diinjak ) atau sebaliknya.

2015303161153

 

  1. Air Flow Sensor ( AFS ), adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui banyak sedikitnya udara yang akan masuk ke dalam intake manipold. Biasanya sensor ini dipasang sesudah filter udara dan akan memberikan pulsa tegangan semakin besar jika udara yang melewatinya semakin banyak atau sebaliknya. Sensor ini ada yang meneybutnya AFM ( Air flow meter ) atau juga MAF ( Mass Air Flow ).

2015303161222

 

  1. Intake Air Temperature Sensor ( IAT ), adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pulsa tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga supllai bensin ke injector juga semakin besar.

 

  1. Idle Air Control ( IAC ), adalah part yang mendeteksi/mengendalikan suplai udara ke intake manipold pada saat putaran idle ( langsam ). Sensor ini bisa beerupa solenoid, motor listrik atau bekerja sesuai dengan suhu air pendingin. Dibeberapa sistem kendaraan sering disebut Idle Speed Control ( ISC ) atau juga Idle Step Motor.

 

 

  1. Injector, adalah perangkat electronic yang diperintah oleh ECU untuk membuka /menutup katup electronic sehingga bensin bisa menyemprot ke silinder.

 

 

  1. Crankshaft Position Sensor ( CKP ), sensor yang mendeteksi adanya putaran mesin. Jika sensor ini dipasang dekat dengan poros nok/katup, disebut Camshaft Position Sensor ( CMP ). Kedua sensor tersebut disamping berfungsi untuk mengetahui adanya putaran mesin juga berfungsi untuk mengendalikan sistem pengapian mesin tersebut.

 

 

  1. Coolant Temperature Sensor ( CTS ) atau Water Temperature Sensor (WTS) adalah sensor untuk mengetahui kondisi suhu air pendingin. Semakin dingin suhu air pendingin maka semakin banyak bensin yang disemprotkan ke silinder.

2015303161350

  1. Top Dead Center Sensor ( TDC ) adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui titik mati atas silinder nomor satu. Hal ini biasanya digunakan untuk menentukan firing order ( FO ).

 

 

 

 

  1. Vehicle Speed Sensor ( VSS), adalah sensor untuk mengetahui kecepatan kendaraan, biasanya dihubungkan dengan poros output transmisi.

Membedakan Kompresor AC HCC Halla yang Asli dan Palsu

Salam sejahtera warga timor-er. Sedikit informasi buat rekan-rekan semua nya, sekarang sdh banyak beredar dipasaran Compressor Merk HCC Halla palsu buat mobil timor berikut penampakan nya

10406596_924531804258493_4443817448288278705_n 11021099_924532864258387_6224598264027071062_n

Asli: kabel socket putih persegi , center psis ada tulisan HCC dan no seri nya, bearing vully merk NSK, label merk bentuk huruf nya tipis tapi jelas, valve buat sambungan ke selang sdh tersedia, kabel magnet kasar dan sedikit kaku

Palsu: kabel socket hitam bulat, center psis tdk terdapat tulisan HCC dan tdk ada no seri, label merk bentuk huruf agak tebal dan rem hijau nya agak tua, tdk terdapat valve buat sambungan ke selang, kabel magnet halus dan lentur

 

by : Timor-er Cirebon
jl. Dr. Cipto no.17-A cirebon
CP. Om Hady, telp 081312042277 – 08179090717

Merawat Shockbreaker

car-suspension-

Shock breaker (damper) adl tabung berisi oli (gas) untuk meredam getaran dalam sistem suspensi. Setidaknya satu atau lebih ada pada tiap roda. Shockbreaker merupakan komponen berbentuk silinder yg memiliki piston geser. Piston terlihat seperti batang baja yang dimasukan ke dalam silinder dan mampu bergerak maju mundur. Kamar silinder bisa berisi cairan hidrolik atau gas. Gas dan cairan dalam silinder terkompresi tekanan piston dan pergeseran piston tertahan oleh tekanan yang dihasilkan. Kekuatan resistensi pada shockbreaker ini akan meredam efek goyangan kendaraan saat melewati jalan yang bergelombang . Shockbreaker juga membantu mengurangi efek saat menikung, pengereman, atau akselerasi. Secara sederhana prinsip kerjanya mirip pompa tangan ban. Jika anda punya pompa , coba anda pompa sambil ditutup ujung pengeluarannya, maka akan terasa tahanan dari angin yg membal. Karena dibuat tidak terlalu rapat memampatkan udaranya, dan ring pistonnya terbuat dari logam (kalau pompa tangan dari karet) maka diberilah pelumas (oli shock breaker).

Pada saat mendapat tekanan kebawah, media oli akan berpindah keatas melalui celah sempit, sehingga gerakan piston tidak mendadak turun, tetapi tertahan dulu oleh minyak, demikian sebaliknya. Oleh karena itu untuk memeriksa kondisi Shock Breaker, hrs dalam keadaan terlepas (tidak terpasang di body mobil/motor), kemudian ditekan dan ditarik, kalau terlalu ringan /tidak ada tahanan, atau macet tidak bisa naik turun dengan baik, maka dinyatakan rusak.

Jenis shockbreaker gas menggunakan udara yang terkompresi untuk mengurangi efek pergerakan yang berlebih pada kendaraan. Sshockbreaker jenis ini biasa digunakan endaraan dengan beban berat dan untuk mendapatkan handling yang lebih baik.
Sedang yang berjenis oli memanfaatkan cairan untuk meredam tekanan, dan umumnya memberi kenyamanan lebih dibandingkan shockbreaker tipe gas.

Sahabatku, moobil sangat berhubungan erat dengan sebuah kenyamanan, ini berarti mobil dipakai untuk mendapatkan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan jarak dekat atau juga jarak jauh. Terasuk perangkat pendukung kenyamanan anda berkendara adalah shockbreaker yang masih berfungsi baik.
Karena shockbreaker mobil, tempatnya tersembunyi, maka juga jarang dibersihkan mengingat. Shockbreaker sangat menunjang kestabilan atau dengan kata lain berfungsi unruk menahan guncangan, sehingga kita saat berada dalam mobil bisa merasakan kenyamanan.Shockbreaker yang terlihat kokoh karena terbuat dari logam keras, bukan berarti tidak bisa mengalami pergantian, seperti yang kita lakukan pada ban mobil, kaca film dan yang lainnya.

 

392811_3924412202727_797252311_n

Shockbreaker dapat mengalami keausan pada karet yang biasanya disebut seal. Untuk inilah kita perlu merawat shockbreaker mobil agar karet bisa bertahan lama, ini mengingat harga shockbreaker yang lumayan tinggi. Selain itu hindarilah membawa beban yang melebihi kapasitas daya tahan beban pada shockbreaker mobil anda.

Sebagai salah satu perangkat suspensi , maka perlu perawatan rutin perangkat shockbreaker. Alat yang berfungsi sebagai peredam goncangan ini terbuat dari bahan logam baja. Penggunaan logam baja sebagai bahan dasar memiliki tujuan agar shockbreaker memiliki daya tahan yang cukup lama. Meski begitu, umur shockbreaker pun tetap terbatas, dan suatu saat dapat mengalami keausan. Terutama pada bagian seal yang terbuat dari bahan karet. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang. Akibatnya, shockbreaker mobil menjadi lemah yang mengakibatkan body kendaraan terasa melayang saat melaju.

Membeli satu set shockbreaker baru mungkin menjadi sebuah solusi untuk mengurangi ketidaknyaman akibat lemahnya shockbreaker dalam meredam guncangan.

Akan tetapi, bila anda ingin berhemat, cobalah merawat shockbreaker sedini mungkin. Caranya sederhana:

Cara kerja shockbreaker:

  • Shockbreaker bekerja pada masing-masing ban yang berada didekat per tujuanya jelas menghambat gerakan per atau membuat gerakan per menjadi lembut.
  • Ketika ban mobil melalui jalan tidak rata maka body mobil akan turun dan ditopang oleh per.
  • Per akan turun secara perlahan dan shockbreaker akan menekan pegas melalui minyak/gas (tergantung jenis shockbreaker) sehingga gerakan turun menjadi lembut dan menghilangkan gerakan suspensi yang berlebihan demikian pula saat per kembali bergerak keatas maka gerakan per akan ditahan oleh shockbreaker dan dilepas secara perlahan.
  • Dengan demikian maka dapat dipastikan kerja shockbreaker sangat berat dan terus menerus. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang dan berakibat shockbreaker mobil otomania menjadi lemah dan body kendaraan terasa melayang pada kecepatan tinggi.

Cara merawat shockbreaker:

  • Merawat shockbreaker sebenarnya tidak terlalu sulit hanya perlu menjaga kebersihan batang shockbreaker dari debu dan pasir caranya dengan medongkrak mobil sehingga ban menjuntai dan akan terlihat batang besi shockbreaker.
  • Bersihkan batang tersebut dengan air sebab bila ada kotoran yang menempel dan menyelinap ke sisi-sisi yang bergerak. Ini akan mempercepat keausan seal maupun piston pada shockbreaker. Karena itu, pada beberapa tipe shockbreaker biasanya terdapat karet penutup yang berfungsi mencegah kotoran masuk.
  • Periksa karet tersebut secara berkala dan apabila sobek segera diganti.
  • Hindari jalan berlubang dan kendarailah kendaraan anda secara berlahan apabila melalui jalan bergelombang atau jalan berbatu.
  • Jangan membawa barang atau muatan berlebih agar shockbreaker tidak harus bekerja keras yang dapat membuat seal tidak mampu menahan tekanan  sehingga terjadi kebocoran.

Kenapa Stir Mobil tidak berjalan lurus saat mobil dikendarai?

10404286_10204589513670667_2230405106165622111_n

Kenyamanan saat trek lurus terkadang diganggu oleh problem setir ngebuang atau jalannya menjadi miring. Hal ini paling terasa saat tangan lepas dari setir, lari mobil jadi seolah ngebuang ke kanan atau kiri.

Karena hal tersebut, otomatis kenyamanan jadi terganggu. Tenaga yang dibutuhkan tangan untuk menahan setir jadi lebih besar dan bisa menjadi cepat lelah.

Sering kali kita hanya menyalahkan mobil,..mobil,..dan mobil saja yang gak bagus kondisinya. Tapi sebenarnya faktor alam dan kondisi jalan yang dilalui juga sangat berpengaruh

Jadi sebenernya apa saja yang bisa membuat steering tidak stabil saat jalan lurus:

 

A. Faktor Luar

1. Model jalan yang dilalui apakah aspal atau beton, ini juga berpengaruh terhadapa kestabilan steering saat jalan lurus.

2. Jalan bergelombang dan tidak flat, ingat median jalan selalu dibuat miring ke samping, fungsinya agar saat hujan air bisa mengalir ke selokan yang ada di samping kiri dan kanan.

3. Hambatan angin, saat berjalan lurus bisa saja ada angin yang berhembus membuat kendaraan kita tidak melulu harus lurus ke depan, terutama di jalan bebas hambatan yang kiri kanannya ada gunung dan area terbuka.

 

B. Faktor Kendaraan

1. Tekanan angin tidak sama antara ban kiri dan kanan

2. Kaki2 tidak simetris (balljoint, tierod dan kawan2nya), ini perlu dicheck.

3. Ban kondisinya tidak bagus, botak, bergelombang, beda merk ban kiri dan kanan.

4. Ban tidak balance ini perlu di balance spy ban mutarnya mbulet.

5. Shock absorber tidak baik alias sdh ada yang lemah.

6. Lakukan spooring secara berkala karena yang namanya kompnen bergerak apalagi sering jalan di jalan berlubang dan jelek maka stelannya bisa berubah.

 

Demikian informasi nya mudah2an bisa menjadi acuan om dan tante sekalian

 

7 Mitos Penghemat Bensin

This gallery contains 1 photo.

Beberapa pemilik kendaraan bermotor mengeluhkan harga bahan bakar yang terus naik. Akibatnya, pengeluaran untuk membeli bahan bakar juga semakin tinggi. Salah satu cara untuk mengakali mahalnya bahan bakar adalah dengan menghemat bahan bakar. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menyiasati hal tersebut, tapi tidak sedikit pula yang melakukan cara yang … Continue reading

Mengetahui Penyebab Lampu Indikator Aki Menyala

This gallery contains 1 photo.

  Sewaktu lampu indikator accu (baterai) menyala terus, mobil memang masih bisa dioperasionalkan. Mesin tetap hidup seolah tidak terjadi apa-apa. Namun jangan anggap remeh. Lampu indikator accu yang menyala terus saat mesin hidup adalah tanda telah terjadi masalah dengan sistem pengisian kelistrikan. Mungkin undercharge, bisa juga overcharge. Pada prinsipnya supply … Continue reading